Sabtu, Mei 25, 2013

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh User Pemula

Standard
Komputer kini tidak lagi asing buat kita yang masih sekolah ataupun yang sudah bekerja sekalipun. Komputer kini merupakan barang yang sangat penting bagi menunjang kemajuan zaman yang seiring tidak pernah berhenti. Semua orang yang mahir memainkan komputer pasti pada awalnya memerlukan pembelajaran agar pokok-pokok komputer dapat di fahami dan kemudian untuk selanjutnya ia mampu mengembangkan apa saja yang dapat ia lakukan disebuah komputer itu.

Melihat masih banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh seorang User komputer , Kesalahn ini terkadang membawa efek buruk bagi komputernya sendiri. Kali ini saya akan memberikan berbagai macam kesalahan yang mungkin sering dilakukan oleh beberapa pengguna komputer pemula.


1. Kesalahan yang pertama yang sering dilakukan oleh user pemula ialah berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan komputernya. Mereka menggunakan semua software yang ada demi membuat tampilan komputernya menarik. Mereka sering mencoba-coba menginstall dan Uninstall software-software tersebut. Tanpa mereka sadari, mereka telah membuat kinerja komputer menjadi lambat dan mengganggu system yang ada pada OS mereka. Bagi mereka tampilan yang menarik sangatlah penting sebagai ajang pamer dengan kawan-kawannya [ saya dahulu juga begitu :-) ] . Hal seperti itu saya rasa tidak penting dilakukan mengingat semakin banyak software yang kita pakai dan semakin sering kita menginstall dan unistall software, maka semakin cepat kinerja komputer kita melambat.


2. Seorang User pemula seringkali menggonta-ganti software Antivirusnya. Mereka selalu ingin mencoba dan selalu ingin tau, software antivirus seperti apakah yang bagus, software antivirs manakah yang paling baik. Semua ia coba dan seringkali mereka menginstall 2 bahkan 3 jenis antivirus dalam satu komputer. Bisa anda bayangkan jika terdapat 2 atau lebih antivirus didalam suatu komputer, pastinya mereka akan bentrok dalam menjalankan tugasnya. Gunakan 1 antivirus saja yang menurut anda bagus dan anda nyaman menggunakannya. Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain, percayalah kepada diri anda bahwa saat itu anda telah menentukan pilihan terbaik anda.


3. User pemula selalu malas dalam menjaga kebersihan harddisk dan selalu mengabaikan dalam hal pembersihan komputer dari segala file-file sampah. User pemula seakan tidak pernah tau apa saja yang terpenting dalam sebuah komputer, apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah komputer. Mereka lebih mementingkan sehebat mana komputer tersebut dapat bekerja. Pembersihan terhadap file-file sampah menggunakan software utilities sanga
tlah penting dan harus rutin dilakukan. Karna ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer.


4. User yang baru mengenal komputer langsung terfikirkan untuk memainkan game-game dan geme. Mereka seperti tidak mengenal waktu jika sudah dihadapkan oleh permainan game. Game boleh saja dimainkan, tetapi harus ingat waktu. Melakukan instalasi game yang berlebihan pada suatu komputer, akan membawa efek buruk bagi komputer itu sendiri. Terkadang mereka menginstall game yang sangat tidak cocok untuk dimainkan pada komputer tersebut. Tanpa melihat spesifikasi komputer mereka, mereka langsung saja memainkan game tersebut walaupun dalam keadaan tersendat-sendat. Hal ini tentu membahayakan bagi komputernya dan dapat merusak komponen didalamnya.


5. Banyaknya software yang di install pada komputer walaupun software tersebut tidak pernah digunakannya. Inilah kesalahan selanjutnya yang sangat sering dilakukannya, mereka menganggap semakin banyak software yang di install, maka semakin baik pula bagi komputer. Pemikiran ini salah karna software yang tidak pernah digunakan tetapi di install akan mengganggu kinerja komputer saja. Disarankan untuk menginstall softawre-software yang diperlukan saja.


6. Sering gonta-ganti system oprasi. Apakah benar seorang User pemula hobi menggonta ganti syetem oprasinya ?? benar sekali, user pemula seakan tidak pernah puas dengan system oprasi yang ia miliki. Jika mereka menggunakan windows XP, dan melihat teman-temannya menggunakan windows 7, maka dengan tidak mau ketinggalan, ia coba untuk menginstall windows 7, dan belum lama windows 7 ia install keluar produk baru yang namanya windows 8. maka ia akan segera menggantinya lagi. Itulah mengapa sebabnya user pemula sering menggonta-ganti OS-nya. Mereka belum memahami efek buruk akibat keseringan mengganti system oprasi.

Nah, kekenam kesalahan tersebut sangatlah sering dilakukan oleh seorang user pemula. Apakah anda seorang user pemula yang selalu melakukan kesalahan ?? pastinya tidak bukan. Semoga artikel tersebut memberi manfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar